My Beauty Content Creator Journey 2018

Aloha!

Tidak terasa besok sudah tahun baru. Aku terinspirasi dari kak Afni Hardinna untuk bikin post mengenai "perjalanan" ku sebagai Beauty Enthusiast/Beauty Content Creator/Beauty Blogger *maruk

Tbh aku udah join komunitas Makassar Beauty Gram sejak akhir tahun 2017. Tapi disitu aku belum terlalu serius karena masih malu dan tidak pede untuk berkarir di dunia beauty. Ditambah juga aku yang masih kuliah dan jadwal kuliahku sangatlah padat.

Januari Februari Maret 2018 aku skip karena belum ada pergerakan beauty sama sekali di bulan ini hehe.

29 April 2018
Pertama kali post selfie lengkap dengan caption ala beauty vlogger. Dengan adanya post ini mendeklarasikan diriku sebagai beauty enthusiast.


3 May 2018
Si anak bawang ini pertama kali ikut event beauty. Saking girangnya bela-bela bolos kuliah:") event beauty pertamaku adalah Astalift Photogenic Beauty Soiré.



Sedikit curhat. Pertama kali ikut event ini DM Instagram langsung banjir dengan komentar-komentar beberapa netizen yang berkata "sottamu (sok tahu) ikut event beginian" "woah kau artis ternyata ikut acara" "tawwa selebgram diundang ke acara". Jujur sempat drop... :)

28 May 2018
Moment terbahagia dalam hidup. Pertama kali ikut event bareng anak-anak Makassar Beauty Gram yang ternyata super cantik😭 event ini adalah Silky Girl Makeup Class with Ayu Indah dan Chacha Frederica



3 Juni 2018
Pertama kali ikut makeup collab bersama Makassar Beauty Gram dengan tema Korean Makeup Look


6 Juni 2018
Pertama kali memberanikan diri upload video tutorial yang sangat abal dan kurang lighting, yang alhamdulillah meskipun ada yang menghujat tapi tidak sedikit yang menyukai


Jujur babe, video pertama ini banyaaak banget yang bully. Ada yang berkata "buat apa bikin video beginian?" "sok cantikmu buat video makeup" "berapa followersmu kah sampai berani bikin video begitu?" "kau kira videomu bagus?" dll. 

Sempat drop dan galau beberapa kali hapus instagram karena tidak kuat menerima komentar dan malu sekali. Jujur pernah sampai nangis-nangis. Tapi dihibur oleh teman-teman MBG yang tidak pernah menjudge kontenku sama sekali malah selalu memberikan komentar positif. Akhirnya mencoba bangkit kembali dan mencoba buat video dengan kualitas yang lebih baik.

Cek videonya disini: My First IG Vid

8 Juli 2018
Pertama kali ikut kelas dan kelas pertama yang diadakan oleh Makassar Beauty Gram dengan tema "How To Talk"



28 Juli 2018
Pertama kali ikut makeup collab bersama komunitas beauty Indonesia yaitu Beauty Channel ID dengan tema Bronze Beach Ready Makeup.


Pada tanggal ini juga, pertama kali aku dapat job di tahun 2018 yaitu catwalk untuk Grand Opening Hijup Makassar.



Komentar pedas tentu saja tidak berhenti. Sewaktu event ini ada yang mengatakan "kenapa kau bisa jadi model padahal gendut? Pasti bunrang (kabur) matanya itu orang yang kasih kau job" dan saya hanya pura-pura tersenyum sembari menahan tangis. Gak kuat kalo body shaming dan pekerjaan. Seakan-akan diriku merasa kalau aku tidak bisa mendapatkan pekerjaan apapun karena aku gendut :')

5 Agustus 2018
Pertama kali jadi model untuk dimakeupin pas beauty class bersama Catrice Cosmetics serta Launching Holographic Glow. Brushed by my luv kak Ayu Indah💜


12 Agustus 2018
Pertama kali blog post yaitu Pixy White Aqua Serum Sheet Mask. Mengembalikan jiwa blogger ketika jaman SMP namun kali ini menemukan niche yang tepat yaitu Beauty.


19 Agustus 2018
Pertama kali mati-matian berburu tiket demi bisa beauty class bersama Tasya Farasya ketika Grab Beauty Art Fest. Please jangan tanyakan kenapa tidak foto berdua sama Kak Tasya, soalnya suasana sudah sangat tidak kondusif.


1 September 2018
Pertama kali dapat endorse/project dari brand Mukka Cosmetic. Sesenang itu dapat lipen banyak:") Tapi lebih senang karena ada bahan konten.


Dan tentu saja, ada beberapa komentar pedas seperti "deh selebgram betulan sekarang terima endorse" "nda lama jadi manusia endorse" "berapa followersmu kenapa kau bisa diendorse". 

Huft, idk people kenapa kalian selalu menyangkut pautkan followersku dengan konten beautyku dan partnershipku. Toh diriku juga malas menjelaskannya karena kalian tidak bakal mengerti :)

Cek full video disini: My First Project

19 September 2018
Pertama kali dapat Socobox yaitu Socobox x COSRX. Tidak bisa dibayangkan betapa bahagianya diriku. Socobox ini merupakan sebuah achievement bagi para beauty enthusiast.


28 September 2018
Pertama kali diundang ke event grand opening Zap Clinic di Mall Nipah Makassar bersama Makassar Beauty Gram dan Blogger Makassar.



25 Oktober 2018
Pertama kali job beauty bersama Guardian. Dalam rangka Guardian Beauty Days. Dan senang karena bisa kerja sekaligus jajan-jajan manja hihi.


2 November 2018
Pertama kali buat video one brand tutorial. Dan video ini merupakan video pertama dengan kualitas dan lighting yang lebih baik dibanding video sebelumnya.


Cek video lengkapnya di: My First OBMT

28 November 2018
Diundang untuk menghadiri Wardah Days 2018 serta Launching Wardah Instaperfect di Makassar.


1 Desember 2018
Ikut makeup challenge di boothnya Rose All Day Co yang berada di Basha Market, Pipo.


9 Desember 2018
Menghadiri kelas kedua yang diadakan oleh Makassar Beauty Gram dengan tema "How To Be A Content Creator" and welcoming new members💜


27 Desember 2018
Menutup tahun 2018 dengan collab terakhir dengan Makassar Beauty Gram dengan tema Holiday Natural/Glam.


Tahun 2018 adalah tahun dimana aku memulai perjalanan dan pekerjaan sebagai Beauty Content Creator. Aku dengan bangga bisa mengatakan kalo melalui cara ini aku bisa dapat penghasilan meskipun tidak menentu.

Aku berterima kasih sebesar-besarnya kepada Makassar Beauty Gram babes yang telah support sam selama ini, yang membesarkan hatinya sam kalo dibully atau dicela. Yang senantiasa mengajarkan ini itu mulai dari skincare, makeup, content, bahkan etika. Me luv ya so much💜

Terima kasih juga kepada komunitas-komunitas beauty Indonesia yang telah menerima sam dan menjadi babes onlineku. Jadi teman belajar dan berbagi. Aku sayang meskipun kita hanya teman online💜

Aku berharap semoga tahun 2019 bakalan lebih produktif, lebih banyak paid project *hihi, lebih banyak event beauty di Makassar serta tentu saja lebih baik dari sebelumnya.

Kalo kamu, resolusi 2019 kamu apa? :)

11 Komentar

  1. Ya allah dek' ternyata banyak sekali hatters'mu yah kalau saya jadi kamu gak sanggupka baca comment sekasar itu tapi, gak perlu down lagi yah sayang anggap aja mereka penyemangatmu untuk terus produktif dan selalu didepan haha merek motor kalii ahh..

    BalasHapus
  2. Aku pangling liat yang pas catwalk itu. You look so awesome beb

    BalasHapus
  3. Dalam hidup pasti selalu ada yang pertama. Jangan nyerah cuman karena kegagalan atau dihina. Selalu semangat aja untuk berbuat, selama itu positif.
    Dan saya galfok sama foto2nya, maniisss banget Samara ��

    BalasHapus
  4. Wah keren banget kak. Pengen juga deh bisa ikutan event beauty gitu :D
    Sukses terus kak!

    BalasHapus
  5. Akutu paling suka baca tentang perjalanan karir beauty content creator kayak gini, mengingatkan aku pada diri sendiri gitu. Semangat ya beb buat kamu, dan buat kita semua😘

    BalasHapus
  6. Bener banget beb , aku dulu sempet maju mundur juga terjun ke dunia beauty karna banyak netizen nyinyir .. untung skrg udah kebal hahahah

    BalasHapus
  7. Aku juga baru mulai rajin nulis konten beauty tahun 2018. Banyak banget tantangannya. Terutama bagi waktu antara kerjaan dan blog :')

    BalasHapus
  8. Wow.. congratz ya sayang. Semoga makin berkembang di semua lini perbeautyan

    BalasHapus
  9. Waah seru juga nih menuliskan perjalanan di dunia beauty. Btw aku sama juga kayak kamu, dulu kadang suka bolos kelas tuk ngevent. Haha... semangaat semoga 2019 ini makin seru perjalanan perbeautyannya. Hihi

    BalasHapus
  10. Serunya bisa ikutan di banyak event, kenalan sama banyak orang

    BalasHapus
  11. Terharu dan bangga dengar ceritanya 😍😍 semoga dithn 2019 ini mkin sukses ya

    BalasHapus